Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waw.. Baru Dilantik, 17 Dubes Bawa Misi Politik Luar Negeri dari Jokowi


INFO BERITA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 17 orang Duta Besar RI yang baru. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan para dubes baru tersebut membawa misi politik luar negeri Indonesia.





"Misi politik luar negeri, iya kan," kata Retno usai pelantikan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/3/2017).







Retno mengatakan ada 4 prioritas dari misi luar politik luar negeri RI tersebut. Pertama, mengenai masalah menjaga kedaulatan wilayah NKRI. Kedua, mengenai perlindungan WNI di luar negeri.








"Ketiga adalah diplomasi ekonomi, dan keempat adalah peran yang dapat kita mainkan sebagai kawasan maupun di dunia," katanya.





"Jadi semua duta besar yang akan ditugaskan adalah membawa misi, dan misi ini merupakan misi dari Presiden yang diturunkan menjadi misi politik luar negeri kita," tambahnya.





Sementara itu, di sisi ekonomi, Retno mengatakan para duta besar yang baru ini tentu saja bekerja untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, termasuk perdagangan dan investasi.





"Maka, kita akan menerapkan yang sudah tradisional yang sudah menjadi mitra tradisional kita. Sementara itu sekarang kita juga memfokuskan kepada mitra-mitra yang potensinya belum kita optimalkan. Jadi potential partner kita," terangnya.





"Seperti yang beberapa kali saya sampaikan, misalnya di Afrika, kemudian di Asia Selatan dan Tengah, kemudian di Amerika Latin. Ini adalah mitra-mitra yang selama ini kita belum optimalkan untuk hubungan ekonomi kita. Jadi yang sudah ada tradisional kita tingkatkan, sementara yang potensial itu kita garap secara lebih serius," tambahnya.


(Sumber: detik.com )


Demikian terimakasih atas kunjungan dan partisipasi anda..

Post a Comment for "Waw.. Baru Dilantik, 17 Dubes Bawa Misi Politik Luar Negeri dari Jokowi"