Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Maret, Tujuh Trayek Tol Laut Swasta Beroperasi


INFO BERITA - Pada tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyiapkan 13 trayek tol laut dengan angka subsidi mencapai Rp 300 miliar. Enam di antaranya adalah trayek eksisting yang dioperasikan oleh PT Pelni dan tujuh trayek lainnya bakal dilayani oleh operator pelayaran swasta.





Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemhub Bay M Hasani menuturkan, lelang operator swasta mulai dijalankan pada 8 Februari 2017 ini dan diharapkan tujuh trayek mulai dioperasikan pada Maret 2017. Sedangkan, enam trayek oleh PT Pelni sudah terus berjalan sejak 1 Januari 2017.


Ilustrasi lalu lintas laut.


"Pemerintah pun menetapkan standar tertentu bagi para operator swasta yang berminat mengikuti lelang operasional kapal tol laut. Salah satu syaratnya adalah mengoperasikan kapal milik sendiri dan para operator itu wajib mempunyai satu kapal cadangan," kata Bay di Jakarta, Rabu (8/2).





Selain trayek tol laut, disiapkan pula sekitar 13 Rumah Kita atau pusat logistik di titik-titik strategis guna menunjang efektivitas program tol laut itu. Menurut Bay, Rumah Kita dikoordinasikan oleh sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) dan pada setiap titiknya terdapat satu koordinator BUMN.





"Siapa berbuat apa nanti pada Rumah Kita itu diatur oleh BUMN. Mereka mengonsolidasikan barang sesuai jumlah untuk masyarakat di situ. Mereka juga mengatur cara mendistribusikannya," ujar Bay.


Sumber : beritasatu.com


Terimakasih..

Post a Comment for "Maret, Tujuh Trayek Tol Laut Swasta Beroperasi"