Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Emas Naik Akibat Ketidakpastian Politik AS dan Eropa


INFO BERITA - Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir menguat pada perdagangan Rabu waktu setempat atau Kamis pagi WIB (9/2) karena berlanjutnya ketidakpastian politik di Amerika Serikat (AS) dan Eropa.





Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Maret naik US$ 3,4 (0,28 persen) menjadi US$ 1.239,50 per ounce.


Ilustrasi


Mengingat tidak ada laporan ekonomi utama yang dirilis Rabu, investor secara perlahan bergerak ke logam mulia. Mereka menjadi semakin khawatir atas potensi pemilihan Marine LePen di Prancis, dan ketidakpastian kebijakan Presiden AS Donald Trump.





Para analis mencatat bahwa Marine LePen telah menyatakan dirinya ingin membawa Prancis keluar dari zona euro. Selain itu, larangan perjalanan tujuh negara muslim oleh Presiden Trump menghadapi penolakan di pengadilan AS. Kedua faktor ini berdampak positif pada emas karena investor khawatir tentang keadaan ekonomi global.





Emas juga mendapat dukungan ketika Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 35,95 poin atau 0,18 persen menjadi 20.054,34 poin. Analis mencatat ketika ekuitas membukukan kerugian, maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat aman. Sebaliknya, ketika ekuitas AS membukukan keuntungan maka logam mulia biasanya turun.





Logam mulia diberikan dukungan tambahan karena indeks dolar AS turun 0,07 persen menjadi 100,33 pada pukul 18.00 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama. Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar turun maka emas berjangka akan naik, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.





Investor sedang menunggu rilis beberapa pidato Fed dan laporan ekonomi akhir pekan ini. Klaim pengangguran mingguan dan pidato Presiden Fed St Louis James Bullard akan dirilis pada Kamis waktu setempat dan laporan sentimen konsumen pada Jumat (10/2).





Perak untuk pengiriman Maret turun 5,1 sen, atau 0,29 persen, menjadi US$ 17,705 per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik US$ 6,5 atau 0,64 persen, menjadi US$ 1.019,40 per ounce.



Terimakasih..

Post a Comment for "Emas Naik Akibat Ketidakpastian Politik AS dan Eropa"